PENGGUNAAN SEMIKOLON TITIK KOMA (;)

Penggunaan Semikolon Atau Tiktik Koma (;)



 Semikolon atau Titik koma membantu Anda menghubungkan ide-ide yang terkait erat ketika tanda baca yang lebih kuat dari koma dibutuhkan.  Dengan menggunakan titik koma secara efektif, Anda dapat membuat tulisan Anda terdengar lebih canggih.

     ATURAN PENGGUNAAN SEMIKOLON

    Titik koma paling sering digunakan untuk menghubungkan (dalam satu kalimat) dua klausa independen yang terkait erat dalam pemikiran. Jika titik koma digunakan untuk menggabungkan dua atau lebih gagasan (bagian) dalam sebuah kalimat, gagasan tersebut kemudian diberi posisi yang sama atau  pangkat.

    Contohnya:
     "Beberapa orang menulis dengan pengolah kata;  yang lain menulis dengan pena atau pensil."

    • Gunakan titik koma di antara dua klausa independen yang dihubungkan dengan kata keterangan konjungtif atau frasa transisi.

    Contohnya:
     "Bagaimanapun mereka memilih untuk menulis, orang diperbolehkan membuat keputusan sendiri;  Akibatnya, banyak orang bersumpah dengan metode menulis mereka."

    • Gunakan titik koma di antara item dalam daftar atau seri jika salah satu item berisi koma.

    Contohnya:
     "Pada dasarnya ada dua cara untuk menulis: dengan pulpen atau pensil, yang tidak mahal dan mudah dijangkau;  atau dengan komputer dan printer, yang lebih mahal tetapi cepat dan rapi."

    • Gunakan titik koma di antara klausa independen yang digabungkan dengan konjungsi koordinat jika klausa tersebut sudah diberi tanda koma atau jika klausa tersebut panjang.

    Contohnya:
     "Beberapa orang menulis dengan pengolah kata, tablet, atau bahkan telepon;  tetapi yang lain, karena alasan berbeda, memilih menulis dengan pulpen atau pensil."

    Baca Halaman Selanjutnya disini

    Lucky Ardhika

    Lebih dekat dengan saya di https://luckyard110.github.io/

    1 Komentar

    Berkomentarlah Dengan Baik dan Sopan

    Lebih baru Lebih lama