Anda mungkin pernah melihat pembahasan di forum game dan grup Facebook. Pengguna iOS yakin iPhone menawarkan pengalaman bermain game terbaik. Pengguna Android berpendapat bahwa mereka memiliki akses ke lebih banyak game dan dapat menambahkan memori ROM atau root sesuka hati. Tetapi OS mana yang terbaik untuk gaming?

image host

Pengguna iPhone Dapat Memainkan Game Terbaru

 Banyak pengembang merilis game mereka di App Store berminggu-minggu atau berbulan-bulan sebelum merilisnya di Google Play Store. Mengapa bisa begitu?. Pertama, lebih mudah membuat game untuk pengguna iOS. Versi OS sedikit dan hanya dua perangkat: iPhone dan iPad hal tersebut membuat para pengembang bekerja lebih mudah dalam mengembangkan game.

Sebaliknya, pengembang harus membuat game untuk lebih dari 18.000 perusahaan telepon saat menargetkan pengguna Android. Tidak seperti iOS, pengguna android tidak selalu cepat dalam menginstal versi android terbaru. Karena itu, pembuat game terpaksa menginvestasikan lebih banyak sumber daya untuk membuat game tersedia dalam berbagai versi Android.

Selain semua alasan di atas, pengguna iPhone menghabiskan lebih banyak uang untuk game daripada rekan Android mereka. Uang adalah kekuatan pendorong utama bagi banyak pengembang, itulah sebabnya mereka memanfaatkan game mereka terlebih dahulu di iPhone.

Jika Anda ingin segera mendapatkan game setelah selesai, Anda pasti ingin memiliki iPhone. Mereka pasti lebih mahal, tetapi Anda akan memiliki akses ke game sebelum rekan Android Anda.

Kualitas Game

Kembali pada tahun 2016, Apple membuat keputusan penting untuk menghapus semua aplikasi lama yang tidak memenuhi beberapa standarnya. Keputusan tersebut bertujuan untuk mempromosikan aplikasi berkualitas daripada kuantitas, meninggalkan penggunanya dengan sebagian besar game berkualitas baik.

Di sisi lain, Google adalah toko redaman untuk semua jenis game seluler yang tidak berguna. Sementara jumlah game iOS sedang menurun, jumlah game android telah tumbuh dengan kecepatan 30% setiap tahun. Sebagian besar game hampir tidak dapat dimainkan ulang. Mereka penuh dengan gangguan dan sering macet.

Sisi baiknya, Google dan Apple memiliki game premium yang mulus di iPhone dan perangkat seluler Android. Beberapa pengembang berusaha keras untuk memastikan pemain tidak dapat membedakan antara bermain di iPhone atau di perangkat Android.

Namun seperti yang telah disebutkan, kualitas game berbeda dari satu game ke game lainnya. Tentu, ada lebih banyak game berkualitas jika Anda adalah pengguna iPhone tetapi itu tidak berarti semua game Android itu omong kosong. Jika ada, ada lebih banyak game di Google Play Store, memaparkan Anda pada lebih banyak jenis game berkualitas.

Batasan Game

Sesekali, Apple akan memperkenalkan undang-undang baru yang melarang ribuan aplikasi dihapus dari tokonya. Suatu hari Anda bisa menikmati aplikasi iPhone favorit Anda, hari berikutnya, game Anda tidak lagi didukung oleh Apple.

Dibandingkan dengan Apple, Google jarang mengganggu game seluler di aplikasinya kecuali jika ada protes di seluruh dunia terkait beberapa di antaranya. Sebagian besar aplikasi yang dilarang oleh Google hampir selalu bukan game seluler. Jadi, jika Anda menyukai game Android tertentu, Anda dapat yakin akan memiliki akses ke game tersebut sampai pengembangnya berhenti memproduksinya.

Pengalaman Pengguna yang Andal

Kami telah menyebutkan bahwa Anda dapat menemukan game bagus di Apple dan Google Play Store. Tetapi bagaimana jika Anda ingin memainkan game yang sama di kedua platform? Apakah lebih menyenangkan memainkan game di iPhone atau di Samsung S9?

Menurut penelitian, pengguna iPhone menikmati gameplay yang lebih mulus dengan lebih sedikit kesalahan terkait OS dibandingkan dengan pengguna Android. Perbedaannya minimal di mana game tersebut berasal dari pengembang top seperti PUBG dan PES Konami. Tetapi untuk game dari pengembang yang lebih kecil, perbedaannya sangat jelas seperti siang dan malam.

Memainkan game Indie di iPhone menawarkan pengalaman yang jauh lebih baik daripada di Android. Perbedaan tersebut masih dapat dipengaruhi oleh perbedaan kualitas ponsel namun pada akhirnya pengguna iPhone mendapatkan pengalaman yang lebih baik.

Keterjangkauan Game

Lima tahun lalu, bermain di Android adalah pilihan yang jelas bagi pemain yang tidak ingin mengeluarkan uang untuk game. Saat ini, baik game iPhone dan android membebankan biaya kepada pelanggan mereka. Meskipun pengguna iPhone diyakini menghabiskan lebih banyak uang untuk game daripada pengguna Android, game tidak mengenakan biaya yang berbeda.

Untuk mengakses beberapa fitur di game teratas, Anda harus membayar terlepas dari platform yang digunakan. Tetapi seperti yang telah disebutkan, ada lebih banyak game di Google Play Store dibandingkan dengan toko aplikasi Apple. Jadi, jika Anda tertarik terutama pada permainan gratis, Anda akan menemukan lebih banyak variasi pada perangkat Android.

Jika Anda tidak takut menghabiskan beberapa uang untuk permainan yang bagus, Anda akan menyukai iPhone. Dari game balapan hingga petualangan, aksi hingga teka-teki, ada ratusan penerbit mapan yang hanya memanfaatkan game mereka untuk pengguna iPhone. Beberapa game lebih unggul dari apa yang Anda temukan di Google Play Store dan mungkin tidak tersedia di toko lain mana pun.

Kesimpulan

Perdebatan tentang apakah game seluler paling baik dimainkan di iPhone atau di perangkat Android telah berlangsung cukup lama sekarang. Di satu sisi, pemilik iPhone mengklaim ponsel mereka memiliki OS yang lebih baik dengan game yang lebih baik. Di sisi lain, pengguna android mengakui peningkatan Google terhadap versi android dan bahwa permainannya hampir setara dengan pengguna iPhone.

Tetapi seperti yang terlihat di seluruh ulasan di atas, ini hampir seri. Android dan iOS mendukung game hebat. Semua penerbit besar mendukung game di kedua perangkat hari ini. Anda dapat menemukan game gratis di kedua perangkat dan hanya dapat mengandalkan satu smartphone untuk semua kebutuhan game Anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Android vs iPhone! Mana Yang Terbaik Untuk Gaming?"

Posting Komentar

Berkomentarlah Dengan Baik dan Sopan

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel