pixel 6

Google dilaporkan akan meluncurkan chip smartphone khusus musim gugur ini, mungkin dengan Pixel 6, menurut sebuah laporan baru. Perusahaan telah dikabarkan sedang menjajaki pengembangan sistem kustomnya sendiri pada sebuah chip (SoC), dan tahun ini mungkin akhirnya saat debutnya.

9to5Google melaporkan pada hari Jumat bahwa chip buatan Google, yang secara internal dikenal sebagai Whitechapel, akan memulai debutnya tahun ini sebagai yang pertama dari banyak SoC khusus yang ditujukan untuk perangkat Google di masa depan. Itu termasuk smartphone seperti Pixel 6 dan Chromebook - mirip dengan jajaran iPhone, iPad, dan Mac Apple, yang menampilkan chip khusus.

Google dilaporkan mengembangkan Whitechapel berkoordinasi dengan divisi integrasi skala besar sistem (SLSI) Samsung Semiconductor. Itu berarti chip Google mungkin memiliki kesamaan dengan Samsung Exynos, termasuk komponen perangkat lunak, kata 9to5Google . CEO Google Sundar Pichai sebelumnya menggoda bahwa perusahaan akan melakukan "investasi yang lebih dalam dalam perangkat keras," dan mungkin saja Whitechapel.

9to5Google mengklaim telah melihat dokumen yang mengkonfirmasi rencana Google yang akan datang. “Dalam dokumen tersebut, Whitechapel digunakan sehubungan dengan nama kode 'Slider' - referensi yang juga kami temukan di aplikasi Google Camera,” kata 9to5Google . “Dari apa yang dapat kami kumpulkan, kami percaya bahwa Slider adalah platform bersama untuk Whitechapel SoC pertama. Secara internal, Google menyebut chip ini sebagai 'GS101', dengan 'GS' berpotensi menjadi singkatan dari "Google Silicon".

Menurut laporan sebelumnya, chip Google akan memiliki CPU ARM octa-core dengan dua Cortex-A78 + dua Cortex-A76 + empat core Cortex-A55. Ini juga akan memiliki GPU ARM Mali off-the-shelf, dan dibuat pada proses manufaktur 5nm Samsung. Berdasarkan ini, kami berharap Whitechapel akan menjadi chip kelas menengah atas yang dapat dibandingkan dengan seri Qualcomm Snapdragon 7.

Manfaat utama beralih ke silikon khusus adalah kontrol yang lebih besar atas pembaruan driver. Google tidak lagi bergantung pada Qualcomm untuk pembaruan driver dan dengan demikian dapat memperbarui driver agar kompatibel dengan versi Android yang lebih baru lebih lama. Kami bahkan dapat melihat chip baru didukung untuk 5 generasi pembaruan OS Android dibandingkan dengan 3 generasi dukungan yang saat ini diterima perangkat Pixel.

Google telah membangun chip khusus sebelumnya, berkolaborasi dengan Intel pada tahun 2017 untuk mengembangkan Pixel Visual Core untuk Pixel 2. Ngomong-ngomong, Google dapat mengintegrasikan Pixel Visual Core ke dalam SoC, memungkinkan kemampuan kamera baru di Pixel 6 mendatang. SoC khusus kemungkinan juga akan lebih murah untuk dibuat dan digunakan dibandingkan dengan membeli chip dari Qualcomm atau Samsung.


Pembaruan 1: Pembuktian

Setelah melihat beberapa dokumentasi internal yang terkait dengan perangkat Pixel Google berikutnya, XDA sekarang dapat menguatkan bahwa Google sedang mengerjakan silikon GS101 baru untuk ponsel Pixel 2021-nya. Menurut sumber kami, tampaknya SoC akan menampilkan pengaturan 3 cluster dengan TPU (Tensor Processing Unit). Google juga menyebut perangkat Pixel berikutnya sebagai "ponsel dengan perlengkapan yang tak tertandingi", yang kami yakini merujuk pada perangkat tersebut yang memiliki chip keamanan Titan M terintegrasi (dengan nama kode "Citadel).

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pixel 6 dapat menggunakan chip buatan Google, bukan prosesor Qualcomm"

Posting Komentar

Berkomentarlah Dengan Baik dan Sopan

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel