Trade Show Adalah


Pengertian Tradeshow

Tradeshow atau Pameran Dagang adalah acara yang diadakan untuk mempertemukan anggota industri tertentu untuk menampilkan, mendemonstrasikan, dan mendiskusikan produk dan layanan terbaru mereka, Trade Show juga merupakan cara ekonomis untuk mendapatkan penjualan. 
Pameran dagang besar biasanya berlangsung di pusat konvensi di kota-kota besar dan berlangsung beberapa hari. 
Pameran dagang lokal dapat diadakan di arena atau hotel lokal dan memungkinkan bisnis di area tersebut terhubung dengan prospek.

Karena tujuannya adalah untuk mempertemukan anggota perdagangan - atau industri - sebagian besar Trade show, yang juga dapat disebut sebagai pameran dagang atau pameran, hanya anggota industri yang dapat hadir. 
Book Expo America, yang diadakan setiap tahun, adalah salah satu pertunjukan yang hanya memungkinkan para profesional industri penerbitan masuk, 
sedangkan Consume Electronics Show, acara besar lainnya, mencoba membatasi peserta untuk mereka yang profesional di bidang elektronik dan teknologi. 
Sebaliknya, SXSW (South by Southwest), yang diadakan di Austin, TX, setiap tahun menyambut publik, seperti halnya Pertunjukan RV Terbesar di Amerika, yang membatasi kehadiran anggota industri selama beberapa hari pertama dan kemudian dibuka untuk umum untuk beberapa hari lagi.

Apa yang ada di Trade Show?

Pameran dagang sering kali menyediakan:

  • Ruang pameran
  • Lokakarya, workshop atau presentasi
  • Kesempatan untuk berinteraksi dengan media
  • Acara jaringan networking malam
  • Acara private exivhitor
  • Presentasi penghargaan
Peserta pameran berpartisipasi dengan harapan dapat terhubung dengan calon pelanggan baru, memperkuat hubungan dengan dealer dan distributor, dan membangun jaringan dengan influencer dan media luas.
Peserta datang ke pameran dagang untuk mengenal produk terbaru yang diperkenalkan, untuk memanfaatkan "harga pertunjukan" yang tidak cukup mahal khusus untuk peserta pameran, dan menjadi lebih terdidik tentang industri mereka.

Berapa Biaya untuk Berpartisipasi

Meskipun biaya untuk memamerkan atau menghadiri pameran dagang sangat bervariasi, pengeluaran tipikal dapat mencapai ribuan dolar dan termasuk:

Peserta pameran(Exhibitors)


Penyewaan ruang booth
Desain dan produksi ruang pajangan profesional
Pengiriman booth dan perlengkapannya
Biaya untuk membongkar stan dan pindah ke aliran pertunjukan, disebut drayage
Perjalanan dan akomodasi untuk staf yang berjaga di stan
Materi pemasaran khusus untuk acara tersebut
Sampel atau barang promosi untuk dibagikan


Hadirin(Attendees)


Peserta, di sisi lain masih memiliki biaya, tetapi mereka hanya menggunakan sebagian kecil dari biaya untuk dipamerkan.

Biaya kehadiran

Perjalanan dan akomodasi untuk staf yang hadir
Oleh karena itu, perusahaan yang lebih kecil sering kali memilih untuk hanya menghadiri pertunjukan dan membangun jaringan dengan peserta pameran lain, daripada mendirikan stan mereka sendiri.

Tempat Pameran Dagang Populer


Beberapa pusat konvensi terbesar di AS termasuk 10 lokasi teratas berikut:


  • McCormick Place - Chicago, IL
  • Orange County Convention Center - Orlando, FL
  • Las Vegas Convention Center – Las Vegas, NV
  • Georgia World Congress Center – Atlanta, GA
  • Sands Expo and Convention Center – Las Vegas, NV
  • Kentucky Exposition Center – Louisville, KY
  • New Orleans Ernest N. Morial Convention Center – New Orleans, LA
  • Reliant Park – Houston, TX
  • International Exposition Center – Cleveland, OH
  • Kay Bailey Hutchison Convention Center – Dallas, TX

Beberapa pusat konvensi di Indonesia:

Celebes Convention Center

Celebes Convention Center merupakan sebuah pusat konvensi yang terletak di Makassar, Indonesia. Pusat konvensi ini dibuka pada tahun 2008. Celebes Convention Center (CCC) terletak di dekat pintu masuk area Tanjung Bunga menempati lahan seluas 1,5 hektar terdiri dari 3 bangunan utama. Gedung ini memiliki ruang pameran yang dapat menampung hingga 10.000 orang. Pusat Konvensi yang mampu menampung hingga 5.000 orang, dan Ballroom dengan kapasitas untuk 4.000 orang. CCC terhubung dengan kawasan Tanjung Bunga yang menghubungkan Trans Studio.


Grand Clarion Hotel & Convention Makassar

Grand Clarion Hotel & Convention Makassar merupakan hotel berbintang 5, terletak di jantung kota Makassar berkembang pesat dan distrik bisnis yang menawarkan 585 akomodasi dengan keramahan furnishing dan indah tak tertandingi. Fasilitas MICE terbesar di kota dengan lebih dari 19 function rooms  dan Ballroom dengan kapasitas 6.000 orang.


Manado Convention Center

Manado Convention Center terletak di Jalan Pierre Tendean. Manado Convention Centre (MCC) menjadi tempat yang tepat untuk penyelenggaraan acara-acara Anda. Tak hanya letaknya yang strategis dan mudah dijangkau, MCC juga menyediakan fasilitas wedding decoration, birthday and other decoration, sound system, ligthing, stage, multimediadan genset

Sebuah bisnis harus menganggap partisipasi pameran dagang berhasil jika mereka kembali dari pertunjukan dengan daftar prospek, pesanan, sebutan media, atau koneksi.

Lucky Ardhika

Lebih dekat dengan saya di https://luckyard110.github.io/

1 Komentar

Komentar baru tidak diizinkan.*

Lebih baru Lebih lama